Laman

Kamis, 14 Agustus 2014


FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG terletak di Jl. Bendungan Sutami No. 188-A Malang 65145
Telp. 0341-551149, 552443

Universitas Muhammadiyah malang mempunyai beberapa jurusan di Fakultas Kesehatan ini seperti :
a.Prodi Kedokteran
Dengan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran serta perkembangan kebutuhan masyarakat dan pembangunan kesehatan di masa datang, serta bertolak dari tujuan pendidikan dokter Universitas Muhammadiyah Malang yang diuraikan diatas, pengembangan dan pembinaan pendidikan dokter di Universitas Muhammadiyah Malang berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya a) ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berlandaskan nilai-nilai Islam, dan b) masyarakat.
Orientasi pendidikan ini akan memberikan arah pengembangan dan pembinaan Program Pendidikan Dokter Universitas Muahmmadiyah Malang, termasuk kegiatan akademiknya, dan pengembangan berbagai sumber yang diperlukan.

Orientas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran
Pendidikan dokter berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan teknologi bermakna bahwa institusi pendidikan kedokteran selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran. Melalui kurikulum pendidikan, khususnya isi pendidikan dan berbagai pengalaman belajar yang dilaksanakan di dalam suatu lingkungan belajar yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan yang diperlukan, memungkinkan peserta didik mengikuti dan menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran. Dengan demikian dapat ditumbuhkan dan dibina sikap dan kemampuan akademik dan keprofesian pada peserta didik. Dalam hal ini orientasi ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran ditekankan kepada ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran keluarga dan kedokteran industri.
 

Orientasi Masyaraka
Pendidikan dokter yang berorientasi kepada masyarakat bermakna bahwa pendidikan diorientasikan kepada tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang yang sesuai dengan nilai-nilai Islam untuk tercapainya masyarakat madani. Oleh karena itu kurikulum pendidikan disusun dengan bertolak dari tujuan pendidikan yang diturunkan dari tuntutan perkembangan masyarakat serta pembangunan di masa yang akan datang. Kegiatan belajar mengajar melalui beberapa bentuk pengalaman dikembangkan di masyarakat.


FASILITAS
RUANG PERKULIAHAN, DISKUSI, PRAKTIKUM, SKILLS
Proses pembelajaran FK-UMM menggunakan sistem PBL (problem based learning) yang dijabarkan menjadi kegiatan tutorial, kuliah pakar, praktikum dan skills. Kegiatan tutorial dilaksanakan diruang diskusi, FK UMM menyediakan ruang diskusi sejumlah 12 ruang, ruang kuliah 5 ruang, ruang praktikum biomedik, ruang praktikum farmakologi dan ruang praktikum fisiologi. Kegiatan skills dilakukan diruang Skills, Ruang ETLS

RUANG KULIAHRUANG FISIOLOGI

RUANG AUDIOVISUAL

INTERNET-HOTSPOTRUANG BIOMEDIK

b. PROGRAM DIII KEPERAWATAN 
Program Diploma III Keperawatan UMM berdiri sejak tahun 1993 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: HK.00.06.1.1.3663 tanggal 5 Oktober 1993. Ijin penyelenggaraan tersebut bersifat sementara dengan masa berlaku 2 (dua) tahun, Dan untuk selanjutnya harus diperbaharui setelah dua tahun masa perkembangan.
Pada tahun 1997, Program Diploma III Keperawatan, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Nomor: HK. 00.06.4.3.3704, mendapatkan penetapan strata akreditasi  jenjang strata B dengan nilai 81,11, sehingga pada tahun yang sama mendapatkan kembali ijin penyelenggaraan sementara dalam kurun waktu yang meningkat menjadi 4 (empat) tahun dan alokasi peserta didik sejumlah 60 (enam puluh) mahasiswa. Ijin penyelenggaraan pendidikan tersebut berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan RI nomor : HK.00.06.1.1.3907 yang tertanggal 3 Desember 1997.
Pada tahun 2001, berdasarkan surat keputusan menteri kesehatan dan kesejahteraan sosial RI Nomor : HK.00.06.1.1.02006, tanggal 6 Juli 2001, Program Diploma III Keperawatan mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan pendidikan kembali selama masa 4 (empat) tahun, dan berdasarkan surat keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan, Nomor: HK.00.06.2.2.3003, tanggal 16 Agustus 2002, mendapatkan penetapan strata akreditasi jenjang strata A dengan nilai: 90.00, yang berlaku selama 5 (lima ) tahun, dan berhak menerima mahasiswa baru sejumlah 100 orang. Selain itu juga sudah mendapatkan ijin dari Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 45/D/O/2007 tanggal 29 Maret 2007, sehingga Program Studi ini telah mendapatkan pengakuan dari Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Kesehatan untuk mencetak tenaga keperawatan yang profesional. Pada tahun 2008 berdasarkan surat keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan, Nomor: HK.00.03.2.2.0154, tanggal 30 Januari 2008, mendapatkan penetapan strata akreditasi jenjang strata A (nilai 90,06) yang berlaku selama 5 (lima ) tahun, dan berhak menerima mahasiswa baru sejumlah 100 orang.Selanjutnya Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi mengeluarkan surat keputusan nomor 028/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/I/2011, tentang status nilai peringkat, dan masa berlaku hasil akreditasi program Diploma III di Perguruan Tinggi, dengan peringkat B, dan merupakan satu dari 19 Program D III Keperawatan terakreditasi B di Indonesia dan 1 dari 3 di Jawa Timur.



c. PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
Program Studi Ilmu Keperawatan FIKES UMM berdiri berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor: 3368/D/T/2006, Status Terakreditasi BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009. Program studi Ilmu Keperawatan FIKES UMM bertujuan meluluskan sarjana keperawatan yang professional dan kompeten di bidang keperawatan dengan memiliki kekokohan intelektual, kedalaman spiritual, moral yang tinggi, ketrampilan Keperawatan yang handal dengan kemampuan tambahan dalam bidang Perawatan Gawat Darurat dan Keperawatan Komunitas sehingga mampu berkompetisi di era global.
Lab. Keperawatan Gawat Darurat Lab. Keperawatan Anak
Lab. Tumbuh Kembang Anak Lab. Keperawatan Medikal Bedah
Lab. Keperawatan Maternitas Lab. Keperawatan Jiwa

Lab. Keperawatan Komunitas Perpustakaan

HOT-SPOT UMM Medical Center
d. PROGRAM STUDI FARMASI
Program Studi Farmasi UMM berdiri sejak  tahun 2006 melalui Surat Ijin Pendirian dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI, Nomor: 1964/D/T/2006 dan Rekomendasi pembukaan Program Studi Farmasi UMM dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan, Nomor : HK.03.2.4.1.02342.1, tertanggal 15 Mei 2006. Sebagai Program Studi baru, Program Studi Farmasi UMM dibina oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya melalui MoU Nomor: 100/Jo3.1.20/PP/2006 dan E.S.c/359/BAA-UMM/V/2006., ini diadakaan dalam rangka merealisasi program Indonesia Sehat 2010 sebagai upaya antisipasi kebutuhan tenaga kesehatan khususnya Apoteker yang sampai saat ini jumlahnya masih jauh dari mencukupi. Saat ini  Program Studi Farmasi UMM telah terakreditasi tahun 2009 berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, No.028/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009 dan sejak 15 Oktober 2009 menjadi anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonenesia
 
FASILITAS PROGRAM STUDI FARMASI
1.        Laboratorium Kimia Terpadu II
·      Praktikum Kimia Analisi
·      Praktikum Kimia Farmasi Analisis
·      Praktikum Kimia Organik
·      Praktikum Biokimia
·      Praktikum Fitokimia
2.        Laboratorium Formulasi Sediaan Farmasi
·      Praktikum Formulasi Sediaan Solida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Likuida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Semisolida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Obat Tradisional
3.        Laboratorium Preskripsi
4.        Laboratorium Farmakologi
5.        Laboratorium Farmakognosi
6.        Laboratorium Morfologi Tumbuhan
7.        Laboratorium Faal
8.        Laboratorium Mikrobiologi dan Parasitologi
9.        Laboratorium Anatomi Manusia
10.    Laboratorium Biologi Terpadu
11.    Laboratorium Teknologi Informasi
fFASILITAS PROGRAM STUDI FARMASI

1.        Laboratorium Kimia Terpadu II
·      Praktikum Kimia Analisis
·      Praktikum Kimia Farmasi Analisis
·      Praktikum Kimia Organik
·      Praktikum Biokimia
·      Praktikum Fitokimia
2.        Laboratorium Formulasi Sediaan Farmasi
·      Praktikum Formulasi Sediaan Solida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Likuida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Semisolida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Obat Tradisional
3.        Laboratorium Preskripsi
4.        Laboratorium Farmakologi
5.        Laboratorium Farmakognosi
6.        Laboratorium Morfologi Tumbuhan
7.        Laboratorium Faal
8.        Laboratorium Mikrobiologi dan Parasitologi
9.        Laboratorium Anatomi Manusia
10.    Laboratorium Biologi Terpadu
11.    Laboratorium Teknologi Informasi

 e. Program Studi S1 Fisioterapi
Program Studi S1 Fisioterapi merupakan satu-satunya S1 Fisioterapi di Jawa Timur, yang disiapkan untuk mencetak Sarjana Fisioterapi yang mampu memberikan layanan kesehatan untuk individu dan atau kelompok dengan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan keilmuan yang kokoh dan ketrampilan yang handal dan mampu menjawab tantangan globalisasi.

Program Studi S1 Fisioterapi didirikan dengan visi menjadikannya sebagai program Studi terkemuka dalam penyelenggaaraan pendidikan tinggi Fisioterapi yang berkeunggulan di bidang Fisioterapi individu dan Fisioterapi komunitas berbasis pada pengembangan Ipteks dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan Daya Saing Bangsa.
 
Program S1 Fisioterapi memiliki dosen-dosen berkualifikasi S2 Fisioterapi, dengan disertai persiapan sarana laboratorium yang lengkap diantaranya Laboratorium Anatomi, Laboratorium Terapi Manipulasi, Laboratorium Massage, Skill Lab. (meliputi laboratorium pemeriksaan, laboratorium Hidroterapi dan laboratorium Elektroterapi) dan Gymnasium. Laboratorium yang sedang dipersiapkan pengembangannya meliputi klinik pelayanan umum, klinik anti Aging dan kecantikan serta klinik fisioterapi. 

 
Program pendidikan Program Studi Fisioterapi terdiri atas program Akademik yang diselesaikan selama 8 semester dengan gelar Sarjana Fisioterapi (S.Ft) dan dilanjutkan dengan pendidikan Profesi dengan gelar Fisioterapis (Physio). Lulusannya memiliki peluang kerja yang sangat luas dan tidak terbatas di rumah sakit saja, namun dapat dikembangkan hingga Praktek Mandiri, Home care, klub-klub olah raga, Fitness center, lembaga-lembaga khusus bidang olah raga serta cabang-cabangnya (KONI, PSSI dll).
 
Laboratorium Elektro Fisika

Laboratorium ini merupakan laboratorium dasar yang wajib dilalui oleh mahasiswa sebelum menuju pada kompetensi selanjutnya. Laboratorium ini di desain sebagai sumber belajar mahasiswa dengan menggunakan ragam alat praktek sebelum alat ini dipergunakan dan dijadikan sebagai alat bantu terapi bagi klien.


   
Laboratorium Manual Terapi

Laboratorium ini bertujuan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari tehnik assessment dan pengukuran, pemeriksaan osteo-kinematika dan artro-kinematika sendi, pemeriksaan isometrik dan MMT otot, tehnik atau metode intervensi secara manual pada penderita. Manual terapi ini dapat diterapkan pada sendi perifer maupun sendi-sendi vertebrae serta skill tentang massage.
   
Gymnasium
 
Laboratorium ini mengajarkan pada mahasiswa tentang latihan kebugaran untuk menjaga fungsi mekanis tubuh, mahasiswa dapat belajar tentang dasar-dasar pergerakan seperti ROM aktif dan pasif serta bagaimana pemeliharaan gerak dan peningkatan kembali fungsi gerak dan ketahanan otot.
   
Laboratorium Pediatri

Laboratorium ini mengajarkan pada mahasiswa tentang pembelajaran maupun praktek klinis pada kondisi kasus-kasus pada anak-anak. Laboratorium pediatri menunjang mahasiswa untuk menetapkan berbagai teknik stimulasi untuk tumbuh kembang anak, dan berbagai teknik fisioterapi untuk kondisi pediatrik.
   
Laboratorium Skill Fisioterapi

Laboratorium ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa terhadap pengembangan tindakan fisioteraphy pada berbagai kasus pediatri, geriatri, obsgyn, musculosceletal dan kardiopulmonal.
 
Laboratorium Pool Therapy

Laboratorium Pool Therapy Prodi Fisioterapi UMM tergolong baru di lingkungan Prodi, menyusul diakuisisinya Taman Rekreasi Sengakaling oleh UMM pada akhir Tahun 2013. Laboratorium ini bertujuan memberikan pengajaran tentang treatment yang dilakukan oleh fisioterapis didalam kolam renang.


F.Program Profesi Ners
Program Profesi Ners berdiri berdasarkan SK Dikti Nomor 272/E/O/2011, dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya bekal bagi mahasiswa keperawatan yang akan menjalani pekerjaan sebagai perawat professional, dengan berbekal ketrampilan dasar, ketrampilan lanjutan dan penguasaan terhadap peminatan klinis. Program Profesi ini dikelola dan dalam pembinaan tenaga-tenaga professional dengan kualifikasi Magister keperawatan dan Spesialis Keperawatan Maternity, Community, infant and children, Nursing Management, Medical Surgical  serta Mental Health.
Model pembelajaran dengan menerapkan system bimbingan Preceptorship dan Menthorship dengan pendekatan SCL, dimana mahasiswa program Ners akan mendapatkan proses bimbingan yang lebh intensif dari menthorship dan preceptorship dengan schedule dan target kompetensi.
Adapun Janji Ners MUda 
 ‘JANJI NERS MUDA’

SAYA,…// NERS MUDA //PROGRAM STUDI PROFESI NERS// FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG,// DEMI ALLAH, //DENGAN SEPENUH HATI SAYA BERJANJI,…..: 
1.      BAHWA SAYA : AKAN MENGHARGAI KESEMPATAN YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA //UNTUK MENYELESAIKAN PENDIDIKAN DI RUMAH SAKIT //SEBAGAI PENGABDIAN DAN TANGGUNG JAWAB SAYA TERHADAP ALLAH SWT
2.      BAHWA SAYA : // AKAN MENTAATI DAN MENGAMALKAN STANDARD PRAKTEK PROFESI // DAN KODE ETIK KEPERAWATAN INDONESIA 
3.      BAHWA SAYA : //AKAN MENUNAIKAN KEWAJIBAN SAYA TERHADAP KLIEN //DENGAN TIDAK TERPENGARUH OLEH PERTIMBANGAN KEAGAMAAN,// KESUKUAN, //POLITIK ATAU KEDUDUKAN SOSIAL.
4.      BAHWA SAYA : //AKAN MENJALANKAN TUGAS DENGAN CARA YANG TERHORMAT // DAN BERSUSILA SESUAI DENGAN MARTABAT // DAN TRADISI LUHUR PEKERJAAN NERS.
5.      BAHWA SAYA : //AKAN SENANTIASA MENGUTAMAKAN KESEHATAN // DAN MENGUPAYAKAN YANG TERBAIK BAGI KLIEN // BERDASARKAN KEILMUAN SAYA SEBAGAI NERS MUDA
6.      BAHWA SAYA :// AKAN MERAHASIAKAN SEGALA SESUATU YANG SAYA KETAHUI // KARENA PEKERJAAN //DAN PRINSIP MORAL SAYA // SEBAGAI PERAWAT
7.      BAHWA SAYA : //AKAN MENJALANKAN TUGAS // DENGAN MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN MASYARAKAT //DI ATAS KEPENTINGAN PRIBADI
8.      BAHWA SAYA : //AKAN MENGHARGAI KLIEN SEBAGAI “GURU” //YANG TELAH MENGAJARKAN PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN KEPADA SAYA SEBAGAI PERAWAT
9.      BAHWA SAYA : // AKAN MEMPERLAKUKAN TEMAN SEJAWAT SAYA // SEBAGAIMANA SAYA SENDIRI INGIN DIPERLAKUKAN

Sumber : Fikes.umm.ac.id 
Sumber : Ners.umm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar